Rabu, 07 Maret 2012

tugas kewirausahaan


KEWIRAUSAHAAN

NAMA           : RIZA NUR CAHYANINGTYAS
NIM                : 10690039
PRODI            : PENDIDIKAN FISIKA

Kuliah Kewirausahaan, hari jum’at tanggal 2 maret 2012 jam 15.00 sampai 16.30.
Pembelajaran kewirausahaan yang saya bayangkan sebelumnya, dengan saya jalani sekarang sangat berbeda. Tak aku duga dan tak aku sangka, ternyata kewirausahaannya langsung diterapkan. Kata temen-temen, kewirausahaan itu ada teori, hitungan juga. Berbeda dengan kewirausahaan yang diajarkan oleh Dosen saya Pak Lilik Setiono. Dari mulai pertemuan pertama sampai ketiga, kita belum masuk materi atau buku panduan kewirausahaan sama sekali. Tapi saya senang dengan pengajaran seperti ini, baru kali ini mengalami pembelajaran seperti ini. Pembelajaran kita lebih semacam pelatihan motivasi, cerita-cerita, dan mulai dibuka jiwa kewirausahaan kita.
Kewirausahaan yang saya kira, seperti orang yang harus memerlukan modal uang yang cukup dan keahlian. Namun kewirausahaan juga bisa dengan pikiran atau ide kita, dengan membuat suatu dari kreatifitas kita dan mempertahankan ide kita.
Pembelajaran yang dilakukan pada kuliah ini, membuat kita sebagai mahasiswa menjadi aktif dan apa yang diintruksikan oleh dosen kita, kita melaksanakan dengan senang hati dan tanpa beban. Pada pertemuan ini, pertama dengan dosen mengintruksikan kepada kita untuk menggambar di depan papan tulis. Kelompok sebelah kanan menggambar jerapah dan yang sebelah kiri menggambar sapi. Menggambarkannya di papan tulis, dengan segaris saja tiap mahasiswa. Saya dan temen – temen kebanyakan 2010 menggambar jerapah. Menggambarnya di mulai dari tempat duduk depan sampai belakang. Gambar jerapah menurut saya lebih bagus sedikit dari pada yang sapi. Setidaknya gambar kita hampir menyerupai jerapah dan ada tulisannya jerapah. Setelah itu kita diberi waktu untuk berdiskusi dengan teman sekelompok, tentang pembagian menggambar jerapah di papan tulis. Setelah itu kita disuruh menggambar lagi jerapah mulai dari tempat duduk belakang ke depan. Menurut saya lebih bagus dari pada yang pertama dan kelompok kita diberi tulisan jerapah imut. Menggambarnya selesai, setelah itu perwakilan kelompok dua orang untuk menjelaskan gambar yang telah kita buat bersama - sama.
Pembelajaran kuliah ini yang kedua, kita diintruksikan untuk berkelompok  maksimal tujuh orang, untuk membuat menara setinggi mungkin. Kelomok saya yang beranggotakan enam orang yaitu saya (Riza), Ningsih, Khotimatul, Sarah, Atik, dan cowok sendiri Heri. Kelompok saya membuat menara penangkal hujan. Barang – barang yang kita gunakan kursi, payung, dan tas. Kita diberi waktu beberapa menit untuk menyusunnya menjadi menara yang tinggi, awalnya kita ada dua payang. Setelah waktunya habis, payang kita jatuh satu. Dan kelompok kita belum apa – apa sudah jatuh. Setelah itu kelompok kita menara penangkal hujan menggunakan satu payung. Filosofi dari menara penangkal hujan ini sangat bagus sekali. Tentang kita sebagai manusia harus menjaga hubungan kita dengan Allah, hubungan kita dengan manusia lainnya, dan hubungan kita dengan dengan makhluk lainnya (tumbuh - tumbuhana dan hewan). Setelah itu kita dari perwakilan kelompok untuk menjelaskan menara yang telah kita buat. Setelah itu debat perkelompok untuk tetap mempertahankan menara yang telah kita buat bersama.
Pada pembelajaran ini kita belajar untuk menjadi kewirausahaan. Kita belajar untuk mempromosikan dan tetap mempertahankan apa yang telah kita buat bersama, dengan gambar jerapah dan menara penangkal hujan. Pembelajaran ini menjadikan kita aktif dan menunjukkan apa yang kita punya. Menjadi kewirausahaan tidak hanya yang mempunyai uang banyak saja, tetapi juga bisa dengan pikiran atau ide yang kita punya. Semua orang bisa menjadi kewirausahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar